Dampak Korupsi Terhadap Kerusakan Lingkungan

Daftar Isi [Tampil]

Akibat yang dihasilkan oleh perusakan alam ini sangat merugikan khususnya bagi kualitas lingkungan itu sendiri. Misalnya efek rumah kaca (green house effect).

Hutan merupakan paru-paru bumi yang mempunyai fungsi menyerap gas Co2. Keadaan ini menimbulkan kenaikan suhu atau perubahan iklim bumi pada umumnya (global warming).

Penggunaan bahan kimia seperti freon untuk pendingin ruangan dan hasil pembakaran yang dilakukan oleh berbagai industri secara masif akan merusak lapisan Ozon (O3), yang selanjutnya akan mengakibatkan kanker dan penyakit baru serta punahnya plasma nuftah.

Kerusakan lingkungan fisik yakni penyimpangan terhadap anggaran pembangunan sarana prasarana dapat memperlambat laju pertumbuhan ekonomi dan berdampak pada kemiskinan rakyat, begitupun penyalagunaan pengelolaan hutan lindung yang membuat ekosistem terganggu, menimbulkan banjir, longsor, berdampak kerugian materi dan jiwa pada masyarakat.



Penyalahgunaan wewenang yang berdampak terhadap lingkungan kelautan juga terjadi, sebagai contoh adanya penyalahgunaan perizinan pengelolaan potensi kelautan.

Kerusakan lingkungan akan menciptakan bencana yang sebenarnya dibuat oleh manusia seperti banjir bandang, kerusakan tanah, kekeringan, kelangkaan air dan menurunnya kualitas air dan udara, tingginya pencemaran di perairan sungai sehingga sangat beracun dsb.

Dampak kerusakan lingkungan sosial dalam masyarakat dimana makin memperlebar strata sosial di masyarakat, yang kaya semakin kaya, yang miskin makin sulit memperoleh kehidupan yang layak, bahkan kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok karena harganya yang mahal. Biaya pendidikan yang mahal, akibatnya masyarakat dapat melakukan tindakan-tindakan yang anarkis kurang menghargai hak-hak asasi manusia.

Kerusakan hutan hujan tropis yang akut akan mengurangi persediaan oksigen bukan hanya untuk wilayah tersebut, namun juga oksigen untuk bumi secara keseluruhan.

Berkurangnya kualitas udara tentunya juga akan berakibat pada menurunnya kualitas kesehatan manusia yang menghirupnya. Kerusakan yan terjadi di perairan seperti pencemaran sungai dan laut, juga mengakibatkan menurunnya kualitas hidup manusia.



Post a Comment

Previous Post Next Post
close