TERBARU! 30+ Soal IPMB Kemenag 2022 Dilengkapi Jawaban, Pelajari Contoh Soal Pilihan Ganda & Esai

Daftar Isi [Tampil]

Baru! Kumpulan soal IPMB Kemenag 2022 dilengkapi jawabannya, soal pilihan ganda dan esai lengkap. Penting untuk dipersiapkan sebelum melaksanakan CAT IPMB Kemenag 2022 pada tanggal 27 Desember 2022.

Berikut akan disajikan kumpulan soal IPMB Kemenag 2022 yang sudah dilengkapi kunci jawaban. Adanya kunci jawaban dimaksudkan sebagai bahan untuk melakukan evaluasi setelah Anda berlatih menjawab. Penyelengaraan CAT IPMB ASN Kemenag serentak dilakukan pada tanggal 27 Desember 2022.

Pembahasan Hakikat ajaran Islam itu sendiri sejatinya telah mencerminkan “moderasi” dalam seluruh ajarannya. Sebagai contoh dalam aspek akidah; ajaran Islam menjadi penengah (washith) antara keyakinan kaum musyrikin yang tunduk pada khurafat dan mitos, dan keyakinan sekelompok kaum yang mengingkari segala sesuatu yang berwujud metafisik. Dalam hal ini ajaran Islam menjadi penyeimbang, karena selain manusia beriman kepada yang gaib, juga mengajak akal manusia membuktikan ajarannya secara rasional. Ini membuktikan ajaran Islam dapat menjadi penengah dan relevan dengan fitrah kemanusiaan.

Dalam aspek ibadah, Islam mewajibkan penganutnya untuk melakukan ibadah da misalnya shalat fardhu lima kali dalam sehari, puasa Ramadhan sebulan dalam setahun, dan haji sekali dalam seumur hidup; selebihnya ajaran Islam membuka peluang dan kesempatan bagi umatnya untuk melahirkan berbagai kreativitas dan karya serta bekerja untuk mencari rezeki Allah di muka bumi. Selanjutnya pada aspek akhlak, ajaran Islam hadir untuk memberi keseimbangan kebutuhan yang harus terpenuhi pada jasad dan ruh manusia. Unsur jasad pada tubuh manusia diberi kesempatan untuk menikmati kesenangan dan keindahan yang dianugerahkan Allah untuk kenikmatan duniawi, sedangkan unsur ruh didorong untuk mematuhi aturan-aturan Allah agar dalam menikmati dunia dengan tidak melupakan persiapan bekal menuju akhirat.

Contoh Soal IPMB Pertama- Dalam moderasi beragama, maka kita harus berhati-hati dengan paham radikalisme. Karena pemahaman yang tidak menyeluruh tentang Islam dalam konteks radix atau akar tadi, menimbulkan pemahaman yang keliru tentang islam Yang dimaksud dari radikalisme yaitu ...

Pilihan jawaban ;

A. Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan- tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi.

B. keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran (politik, agama, dan sebagainya)

C. kemampuan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan mata hati (conscience) dan determinasi

D. Sebuah sikap menerima atau menghormati pandangan atau tindakan orang lain, sekalipun pandangan atau tindakan itu belum tentu disetujuinya.

E. sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama

Contoh Soal IPMB Kedua -Berikut ini merupakan ciri-ciri radikalisme, kecuali ...

Pilihan jawaban 
A. Mengklaim kebenaran tunggal dan menyesatkan kelompok lain yang tak sependapat 
B. Berlebihan dalam beragama yang tidak pada tempatnya
C. Kasar dalam berinteraksi, keras dalam berbicara dan emosional dalam berdakwah
D. individu ataupun kelompok sosial terjamin hak-haknya sebagai manusia yang merdeka dan bermartabat
E. Mudah mengkafirkan orang lain yang berbeda pendapat

Contoh 51Soal Moderasi Beragama Kemenag 2022 dan Jawabannya, Pelajari Soal Tes CAT Moderasi Beragama

 Download Soal Di Sini/button/#e84393



Disclaimer: kumpulan contoh soal yang tersaji di artikel ini sekadar sebagai bahan latihandan belajar.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimaaksih

Bacaan Terkait

Post a Comment

Previous Post Next Post
close