Beberapa Istilah di Dunia Criptocurrency Pi Network

Daftar Isi [Tampil]

Hai Sobat pastinya sudah tidak asing lagi di dunia cripto namun untuk melengkapi kamus pada sobat ini ada beberapa istilah yang perlu sobat catat Apa saja istilahnya, mari kita ulas satu persatu dibawah ini.

UNTUK MENGETAHUI ISTILAH DI DUNIA CRYPTOCURRENCY/PI NETWORK/BTC/ETH Dll :

  1. TP = Take Profit (Mengambil keuntungan).
  2. CL = Cut Lose (Kebalikan dari TP).
  3. DUMP = Harga turun. 
  4. PUMP = Harga naik.
  5. HOLD = Disimpan, didiemin.
  6. DYOR = Do Your Own Research mempelajari mendalami menganalisa lebih lanjut tentang detail suatu proyek Crypto/Pi.
  7. RUGPULL = Developer meninggalkan sebuah proyek begitu saja dan membawa kabur uang yang telah ditanamkan para investor.
  8. UPTREND = Pasar dalam keadaan cenderung naik. 
  9. DOWNTREND = Kebalikan Uptrend. 
  10. Baca juga : KYC PI Network Tembus 125.000 Validator manusia aktif Juni 2022

  11. ARBITASE = Memanfaatkan selisih harga antar market. 
  12. FUDDER = Orang yang suka menyebar berita buruk tentang Crypto/Pi dengan tujuan menyerok/membeli Crypto/Pi dengan harga yang sangat murah. 
  13. FUD = Strategi investor yang ingin menurunkan harga koin kripto agar mereka bisa membelinya dengan harga yang sangat murah dan menjualnya dengan harga yang sangat tinggi (tujuannya mencari keuntungan).
  14. WHALE = Sebutan bagi para pedagang atau traders besar dalam pasar aset kripto atau crypto. Orang-orang ini digambarkan sebagai ikan paus alias whale. Para trader ini umumnya sudah memiliki aset kripto dalam jumlah besar, minimal 5% dari keseluruhan aset digital yang disimpan. Memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga aset kripto di pasar.
  15. CRYPTOCURRENCY EXCHANGE = Tempat pertukaran mata uang kripto di mana setiap orang dapat melakukan jual beli aset kripto dan aset digital lainnya.
  16. CUKONG = Secara umum artinya adalah orang yang mempunyai perusahaan besar ataupun modal yang besar di Indonesia, pokoknya orang yang duitnya banyak dehh, kalo disingkat BOSS. Cukong ini sering kali digunakan untuk menyindir orang yang duitnya banyak atau yang nicknamenya sudah berwarna warni kaya pelangi.
  17. KOREKSI = Setelah sebuah koin mencapai harga puncaknya, maka koin tersebut kemungkinan besar akan memasuki masa koreksi atau menurun ke harga yang stabil di level tertentu sebelum kembali mengalami kenaikan.
  18. SCALPING = Scalping merupakan gaya trading untuk mendapat keuntungan/cuan/opit (profit) dalam waktu cepat. Mengingat harga aset kripto yang tidak pasti, maka cara ini bisa digunakan untuk mendapat keuntungan sedikit demi sedikit.
  19. STAKING/LOCKUP = Staking/Lockup kripto digunakan oleh seorang pemilik koin yang ingin mendapatkan pasif income hanya dengan memvalidasi transaksi atau segala aktifitas yang ada di dalam sistem blockchain. Pemilik kripto harus mengunci koinnya terlebih dulu di wallet yang sah dan terpercaya. Aktifitas ini hanya bisa dilakukan di dalam blockchain yang menggunakan algoritma Proof of Stake (PoS).
  20. LP = Pool likuiditas adalah kumpulan dana yang terkunci dalam smart contract. ... Pengguna yang disebut penyedia likuiditas (LP) menambahkan nilai yang sama dari dua token dalam satu pool untuk menciptakan pasar.
  21. LIKUIDITAS = Dalam konteks cryptocurrency likuiditas dapat secara luas didefinisikan sebagai kemampuan koin untuk dikonversi menjadi uang tunai atau koin lainnya dengan mudah tanpa mengganggu harga.
  22. BID = Nilai jual mata uang (koin) tertentu.
  23. VOL = Volume atau jumlah total barang yang dijual di pasar tersebut.
  24. FOMO = Fear Of Missing Out ( takut ketinggalan ), dimana rasa takut untuk ketinggalan sebuah update.
  25. POM-POM/PUMP-PUMP = Mengajak seluruh orang membeli aset agar harga naik.
  26. MOON = Keadaan cryptocurrency meroket/ Naik sangat tinggi. Itu berarti orang-orang percaya bahwa harganya akan naik secara eksponensial TO THE MOON.
  27. SATOSHI = Satoshi merupakan nama depan pencipta Bitcoin yang digunakan sebagai istilah yang mengacu pada satuan terkecil Bitcoin. “Sats” merupakan sebutan dari istilah “Satoshi”. Misalnya investor membeli Bitcoin seharga tertentu dan mendapatkan  0,00000001 BTC. Fraksi terkecil Bitcoin ini disebut Satoshi, jadi investor mendapatkan 1 Satoshi.
  28. VOLATILITAS Pengertian volatilitas adalah ukuran perubahan statistik suatu harga sekuritas dalam periode tertentu. Istilah ini akan sangat sering Anda temui jika berinvestasi pada instrumen saham atau valuta asing. 
  29. BULLISH = Kondisi saat harga-harga aset yang ada di suatu pasar mengalami kenaikan. Pasar akan bullish jika didukung oleh situasi perekonomian yang juga kondusif.
  30. BEARISH = Situasi ketika harga aset sedang mengalami penurunan. Ciri-ciri dari tren bearish adalah pesimisme dari para investor terhadap harga pasar yang terus menurun, sehingga jumlah permintaan atau pembelian aset pun semakin rendah.
  31. SIDEWAYS = Bullish dan Bearish yang sama-sama kuat.
  32. BLOCKCHAIN = Blockchain merupakan teknologi baru yang mendasari mata uang kripto dan berfungsi sebagai penyimpanan data digital yang aman dan terbuka. Blockchain seperti buku besar berisi data transaksi yang bisa diakses oleh siapa pun.

NB : HATI-HATI DAN WASPADA DENGAN NOMOR 11, 12 & 13

Bacaan Terkait Pi Network

Harap selalu mengandalkan informasi yang disediakan oleh saluran resmi Pi Network.  Lihat berikut ini untuk daftar lengkap sumber informasi resmi Jaringan Pi secara online.

  • Situs web: minepi.com
  • Twitter: @PiCoreTeam
  • Telegram: PengumumanPi
  • Portal Dukungan: minepi.com/support
  • Wiki Komunitas: minepi.com/wiki
  • Facebook: @PiCoreTeam
  • Instagram: @pi_network
  • YouTube: youtube.com/c/PiCoreTeam
  • Media: pinetwork-official.medium.com
Domain email yang mungkin Anda dengar dari kami: @pi.email (Verifikasi email pelopor) dan @minepi.com (email dukungan)
Media Sosial Pendiri Pi:
  • Twitter Nicolas: @nkokkalis
  • Twitter Chengdiao: @chengdiao
  • Instagram Nicolas: @nicolas.kokkalis

Post a Comment

Previous Post Next Post
close