Peer to Peer Pi Network Payment (SDK Pi) Ialah Hak Pemilik Coin

Daftar Isi [Tampil]

Mari kita Kupas lagi arti-arti dari Peer to Peer (P2P) dalam hal ini tentu saja dalam PI Network agar Juragan makin Faham.

Pengertian Jaringan Peer to Peer (P2P)

Seperti yang sudah kita bahas di awal, peer to peer adalah suatu jaring komputer yang mana setiap komputer akan saling terkoneksi dengan jaringan tersebut, baik itu komputer server maupun komputer klien.

setiap komputer akan mempunyai kedudukan yang sama dan juga bentuk tanpa kehadiran kontrol pusat dari suatu server yang sudah terdedikasi khusus.

Pertukaran data yang terjadi antar komputer juga bisa dilakukan secara langsung karena tidak ada pengendalian ataupun pembagian hak akses. Dalam hal keamanan, setiap pengguna komputer mempunyai tanggung jawab penuh atas setiap komponen komputernya sendiri.

Contoh sederhananya, pada komputer A di dalam jaringan p2p ingin mengambil file atau data yang ada pada komputer B. Maka pada saat itu, komputer A akan bertindak sebagai server, sehingga komputer A bisa melakukan akses file dari komputer B. Nah, komputer B pada saat itu berperan sebagai klien.

Nah sebaliknya, bila komputer B ingin mengambil data dari komputer A atau komputer C, maka saat melakukan akses file tersebut komputer B akan berperan sebagai server. Sedangkan komputer A dan komputer C saat itu berperan sebagai klien. Kedua fungsi tersebut, yakni server dan klien bisa dilakukan dengan komputer yang berada di dalam jaringan p2p dalam waktu yang bersamaan.

Pada dasarnya, Pi Network merupakan salah satu mata uang kripto atau yang biasa Anda kenal dengan istilah cryptocurrency. Hanya saja, ada sedikit perbedaan antara Pi Network coin dengan mata uang kripto yang lain. Berikut penjelasan tentang Pi Network!

Kita analogikan Peer to peer pi

Pertama adalah suatu jaringan yang menyusun dua komputer atau lebih sekaligus. Jaringan ini menyatukan komputer server dan client dan keduanya tetap memiliki kedudukan yang sama. Selain itu, komputer yang saling terhubung tersebut TIDAK memiliki kontrol Pusat yang telah ada.

Kedua Jaringan peer-to-peer (P2P) merupakan salah satu model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau beberapa komputer, dimana setiap station atau komputer yang terdapat di dalam lingkungan jaringan tersebut bisa SALING BERBAGI.

Dalam Konteks ini Peer to Peer dalam Lingkungan " Saling Berbagi " yaitu Berbagi DATA,Saling Berbagi Data, Saling Mengirim Data karena P2P TIDAK ADA Kontrol Pusat yang Mengendalikanya.

Kemudian apa yang Terjadi di Blokchain dalam kasus P2P terjadi Pengiriman Pi Mainnet dalam Jumlah Besar dan Kecil??

Jawabanya Itu adalah Hak Pemilik Koin mau Ditransfer Berapapun tidak akan Terjadi Masalah, karena itu hanya Pengiriman dalam Sistem P2P (Tidak ada yang bisa Mengontrol) transaksi.

Trus apa yang dimaksud Tujuan  " Membangun Marketplace Peer to Peer Seinklusif di Dunia?"

Ini Tidak lain Peer to Peer tidak hanya untuk Kedua belah Pihak saja (Wallet A dan B), namun dengan adanya Transaksi Sistem Wallet Escrow (Transksi yang Terjadi di Marketplace) itu juga Peer To Peer.

Sistemnya saling mengirimkan sebuah Data dimana Data yang dikirimkan adalah " Koin Pi "

  1. Wallet A (Pembeli)
  2. Wallet B (Platform)
  3. Wallet C (Vendor)

Wallet A P2P ke Wallet B -> Wallet B P2P ke Wallet C So... Simple memahami arti P2P Inklusif yang dimaksud.

Perbedaanya dimana Ketika P2P ini Memiliki Arti yang Berbeda dengan P2Apps?

Baca juga : KYC PI Network Tembus 125.000 Validator manusia aktif Juni 2022

Perbedaanya hanya Terletak di Metode Pi Payment (SDK Pi) dimana Transaksi yang Tercatat Melalui SDK Pi ini dapat Diolah sebelum akhirnya di Simpan di Blockchain dengan Cara Mengenkripsi Nilai Transaksi terutama pada Memo di Metode Pi Payment.

Metode Pi Payment dapat di Cek di Youtube Resmi Core Team.

Deklarasi Data dalam Metode Pi Payment yang dibutuhkan 1. Amount Pi to be Paid 2. Memo 3. Produk_id

Kesimpulan:

1. Semua Transaksi yang terjadi itu dengan Sistem Topologi Jaringan Peer to Peer. Sesuai Tujuan Visi dari Whitepaper Pi "Membangun pasar peer-to-peer paling inklusif di dunia, didorong oleh Pi, cryptocurrency yang paling banyak digunakan di dunia" 2. Tidak ada yang bisa Mengontrol secara Terpusat untuk Transaksi Keluar/Masuk 3. P2P dan P2App yang ada di Pi Network sama - sama Menggunakan Topologi Jaringan Peer to Peer yang Membedakan hanya Sistem SDK Pi (Pi Payment) disematkan di Metode Transaksi di Platform/ Marketplace.

Bacaan Terkait Pi Network

Harap selalu mengandalkan informasi yang disediakan oleh saluran resmi Pi Network.  Lihat berikut ini untuk daftar lengkap sumber informasi resmi Jaringan Pi secara online.

  • Situs web: minepi.com
  • Twitter: @PiCoreTeam
  • Telegram: PengumumanPi
  • Portal Dukungan: minepi.com/support
  • Wiki Komunitas: minepi.com/wiki
  • Facebook: @PiCoreTeam
  • Instagram: @pi_network
  • YouTube: youtube.com/c/PiCoreTeam
  • Media: pinetwork-official.medium.com
Domain email yang mungkin Anda dengar dari kami: @pi.email (Verifikasi email pelopor) dan @minepi.com (email dukungan)
Media Sosial Pendiri Pi:
  • Twitter Nicolas: @nkokkalis
  • Twitter Chengdiao: @chengdiao
  • Instagram Nicolas: @nicolas.kokkalis

Post a Comment

Previous Post Next Post
close