ANJURAN MEMBACA AL QUR'AN BERSAMA SAMA Syaikhul Islam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf

Daftar Isi [Tampil]

Syaikhul Islam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf atau yang dikenal juga dengan Imam Nawawi menjelaskan di dalam kitabnya at Tibyan fi adab Hamalat al Quran :

 

في استحباب قراءة الجماعة مجتمعين وفضل القارئين من الجماعة والسامعين، وبيان فضيلة من جمعهم عليها وحرضهم وندبهم إليها.

اعلم أن قراءة الجماعة مجتمعين مستحبة بالدلائل الظاهرة، وأفعال السلف والخلف المتظاهرة؛ فقد صح عن النبي – صلى الله عليه وسلم – من رواية أبي هريرة وأبي سعيد الخدري – رضي الله عنهما – أنه قال: ما من قوم يذكرون الله إلا حفت بهم الملائكة، وغشيتهم الرحمة، ونزلت عليهم السكينة، وذكرهم الله فيمن عنده صلى الله عليه وسلم قال الترمذي : حديث حسن صحيح.

وعن أبي هريرة – رضي الله عنه – عن النبي – صلى الله عليه وسلم – قال: ما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله تعالى، يتلون كتاب الله، ويتدارسونه بينهم – إلا نزلت عليهم السكينة، وغشيتهم الرحمة، وحفتهم الملائكة، وذكرهم الله فيمن عنده رواه مسلم ، وأبو داود بإسناد صحيح على شرط البخاري ومسلم

 .

وعن معاوية – رضي الله عنه – أن النبي – صلى الله عليه وسلم – خرج على حلقة من أصحابه فقال: ما يجلسكم؟ قالوا: جلسنا نذكر الله تعالى ونحمده لما هدانا للإسلام ومن علينا به، فقال: أتاني جبريل – عليه السلام – فأخبرني أن الله تعالى يباهي بكم الملائكة .

[ ص: 102 ] رواه الترمذي والنسائي ، وقال الترمذي : حديث حسن صحيح.

 

والأحاديث في هذا كثيرة، وروى الدارمي بإسناده، عن ابن عباس – رضي الله عنهما – قال: من استمع إلى آية من كتاب الله كانت له نورا .

وروى ابن أبي داود أن أبا الدرداء – رضي الله عنه – كان يدرس القرآن معه نفر يقرؤون جميعا .

وروى ابن أبي داود فعل الدراسة مجتمعين عن جماعات من أفاضل السلف والخلف وقضاة المتقدمين.

وعن حسان بن عطية والأوزاعي أنهما قالا: أول من أحدث الدراسة في مسجد دمشق – هشام بن إسماعيل في مقدمه على عبد الملك .

وأما ما روى ابن أبي داود ، عن الضحاك بن عبد الرحمن بن عرزب أنه أنكر هذه الدراسة، وقال: ما رأيت ولا سمعت وقد أدركت أصحاب رسول الله – صلى الله عليه وسلم – يعني: ما رأيت أحدا فعلها.

 

وعن وهب قال: قلت لمالك : أرأيت القوم يجتمعون فيقرؤون جميعا سورة واحدة حتى يختموها؟ فأنكر ذلك وعابه، وقال: ليس هكذا تصنع الناس، إنما كان يقرأ الرجل على الآخر يعرضه.

فهذا الإنكار منهما مخالف لما عليه السلف والخلف، ولما يقتضيه [ ص: 103 ] الدليل، فهو متروك، والاعتماد على ما تقدم من استحبابها، لكن القراءة في حال الاجتماع لها شروط قدمناها ينبغي أن يعتنى بها. والله أعلم.

وأما فضيلة من يجمعهم على القراءة ففيها نصوص كثيرة، كقوله – صلى الله عليه وسلم -: الدال على الخير كفاعله .

وقوله – صلى الله عليه وسلم -: لأن يهدي الله بك رجلا واحدا خير لك من حمر النعم .

والأحاديث فيه كثيرة مشهورة، وقد قال الله تعالى: وتعاونوا على البر والتقوى ولا شك في عظم أجر الساعي في ذلك. (التبيان في آداب حملة القرآن)

 

“Pasal: Anjuran membaca Alquran secara bersama-sama, keutamaan orang yang membaca dan yang mendengar serta keutamaan orang yang mengumpulkan, mengajak dan menganjurkan mereka untuk melakukannya.

Ketahuilah, membaca Alquran secara bersama-sama adalah dianjurkan berdasarkan dalil-dalil yang zahir dan perbuatan para salaf yang saling menguatkan. Telah diriwayatkan dari Abu Hurairah dan Abu Said al-Khudri secara shahih bahwa Nabi saw. bersabda:

 

مَا مِنْ قَوْمٍ يَذْكُرُوْنَ اللَّهَ إِلاَّ حَفَّتْ بِهِمُ الْمَلاَئِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ

 

“Tidaklah sekelompok orang berzikir kepada Allah kecuali mereka akan dikelilingi oleh para malaikat, dilingkupi oleh rahmat, ketenangan akan turun kepada mereka dan Allah akan menyebutkan mereka kepada makhluk yang ada di sisi-Nya.”

 

At-Tirmidzi berkata, “Hadis hasan shahih.”

Diriwayatkan pula dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi saw., beliau bersabda:

مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِيْ بَيْتٍ مِنْ بُيُوْتِ اللَّهِ تَعَالَى يَتْلُوْنَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُوْنَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

 

“Tidaklah sekelompok orang berkumpul di salah satu rumah Allah ta’ala sambil membaca Kitab Allah dan saling mengajarkan isinya kecuali ketenangan akan turun kepada mereka, rahmat akan melingkupi mereka, para malaikat akan mengelilingi mereka dan Allah akan menyebut mereka kepada para makhluk yang ada di sisi-Nya.”

HR. Muslim dan Abu Dawud dengan sanad shahih sesuai dengan syarat Bukhari dan Muslim.

Diriwayatkan oleh Muawiyah r.a, bahwa Nabi saw. mendatangi sebuah halaqah yang dilakukan beberapa orang sahabatnya. Beliau lalu bertanya, “Apa yang membuat kalian berkumpul?” Mereka menjawab, “Kami duduk berkumpul untuk berzikir kepada Allah serta bersyukur kepada-Nya atas hidayah yang diberikan dan dianugerahkan kepada kami sehingga kami memeluk Islam.” Lalu beliau bersabda:

 

أَتَانِيْ جِبْرِيْلُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ فَأَخْبَرَنِيْ أَنَّ اللَّهَ تَعَالَى يُبَاهِى بِكُمُ الْمَلاَئِكَةَ

 

“Jibril a.s. baru saja mendatangiku dan memberitahuku bahwa Allah ta’ala membanggakan kalian kepada para malaikat.”

HR. Tirmidzi dan Nasa`i. Tirmidzi berkata, “Hadis hasan shahih.”

Ad-Darimi meriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a., ia berkata, “Barang siapa yang mendengarkan ayat dari Kitab Allah maka ia akan mendapatkan cahaya.”

 

Ibnu Abi Dawud meriwayatkan bahwa Abu Darda` mengajarkan Al Quran dan beberapa orang yang bersamanya membaca secara bersama-sama. Ibnu Abi Dawud juga meriwayatkan tentang para ulama salaf, khalaf dan para hakim yang membaca Alquran secara bersama-sama.

 

Diriwayatkan dari Hassan bin ‘Athiyah dan Awza’i, bahwa orang pertama yang menggelar pengajian Al Quran di masjid Damaskus adalah Hisyam bin Ismail, yaitu di bagian depan masjid, ketika masa Abdul Malik.

Adapun yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Dawud dari ad-Dhahhak bin Abdurrahman bin ‘Irzab yang mengingkari acara membaca Al Quran secara bersama-sama dengan mengatakan, “Saya tidak pernah melihat dan saya pun tidak pernah mendengar hal itu, padahal saya telah bertemu dengan para sahabat Rasulullah saw.”, maksudnya saya tidak pernah melihat seorang sahabat pun yang melakukannya. Begitu pula yang diriwayatkan oleh Wahb, ia berkata, “Saya bertanya kepada Malik, “Apa pendapatmu mengenai sekelompok orang yang berkumpul dan membaca satu surat secara bersama-sama hingga mengkhatamkannya?” Maka Malik mengingkari perbuatan itu dan mencelanya. Ia berkata, “Para salaf tidak melakukan yang demikian. Akan tetapi dulu seseorang yang membaca Alquran kepada orang lain.”

 

Pengingkaran kedua tokoh ini bertentangan dengan perbuatan para salaf dan khalaf serta dalil yang menjelaskan kebolehan perbuatan ini. Oleh karena itu, pendapat mereka berdua tidaklah dianggap, sedangkan yang menjadi pegangan adalah anjuran melakukannya sebagaimana yang telah disebutkan. Namun demikian, membaca Alquran secara bersama-sama mempunyai syarat-syarat yang harus dipenuhi dan diperhatikan sebagaimana yang telah kami jelaskan sebelumnya. Wallahu a’lam.

 

Adapun keutamaan orang yang mengumpulkan mereka untuk membaca Al Quran, maka terdapat banyak nash yang menjelaskan hal itu. Seperti sabda Rasulullah saw:

 

الدَّالُّ عَلَى الْخَيْرِ كَفَاعِلِهِ

 

“Orang yang menunjukkan kepada kebaikan seperti orang yang melakukannya.”

Dan sabda beliau:

لأَنْ يَهْدِيَ اللَّهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِدًا خَيْرٌ لَكَ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ

 

“Menjadi perantara Allah dalam memberi hidayah kepada orang lain adalah lebih baik bagimu daripada seekor onta yang mahal.”

Hadis yang menjelaskan masalah ini banyak dan telah diketahui.

Allah SWT pun berfirman,”Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa”. (Al-Mâidah: 2).

 

Sehingga, tidak diragukan lagi mengenai besarnya pahala orang yang melakukan hal itu.”

Wallaahu a’lam.













Post a Comment

Previous Post Next Post
close