Syaikh Dr. IDRIS AL FASSI AL FIHR | Syarat / Batasan Thoriqoh Mu’tabarroh

Daftar Isi [Tampil]
Syaikh Dr Idriss al-Fasi al-Fihr
Syaikh Dr Idriss al-Fasi al-Fihr_foto kanan

Syaikh Dr Idriss al-Fasi al-Fihri
yang merupakan sarjana Maroko,
 Dia adalah dosen di Universitas Qarawiyyeen yang bergengsi di Fez, Maroko di mana dia mengajar berbagai mata pelajaran, Dia juga menyampaikan kuliah jumuah di Masjid Qarawiyyeen. Dia juga telah menulis dan mengedit sejumlah buku,  mengunjungi SA pada tahun 2015 dan membaca di Masjid Taman Primrose di Cape Town di mana Al-Burdah oleh Imam al-Busayri, al-Shamail oleh Imam al-Tirmidzi dan Dalail al-Khayrat oleh Imam al-Jazuli dibacakan.


uqro.net, Pekalongan - 09 April 2019
Dalam kunjungan beliau  ke Indonesia tepatnya di acara world sufi Forum di selenggarakan di pendopo kabupaten pekalongan jawa tengah indonesia, yang di hadiri Ribuan peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia tergabung dalam pengurus JATMAN Idarah Aliyah, perwakilan Idarah Wustha dan Idarah Syu’biyah.


Al Muntada As Sufy Al ‘Alamy ialah suatu forum konferensi Ulama Sufi Internasional yang dibentuk oleh Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) bersama-sama dengan Masyayikh luar negeri yang terpilih berdasarkan kebijakan Idarah Aliyah JATMAN.
Al Muntada As Sufy Al ‘Alamy diselenggarakan oleh Idarah Aliyah JATMAN pada tanggal 2 s/d 5 Sya’ban 1440 H atau bertepatan dengan 8 s/d 10 April 2019 bertempat di Pekalongan yang bersifat mengikat bagi warga Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN)._Man
jamaah Idaroh Dari madiun
Dari madiun  

Di antara mereka terdapat pula tokoh masyarakat termasuk admin (tadinya berangkat namun kondisi dlm perjalanan memaksa untuk kembali) dan tokoh agama yang ingin ikut memeriahkan pagelaran pertemuan ulama terbesar sedunia tersebut.


Beliau menyampaikan  Syarat2 Thoriqoh Mu’tabarroh baik dari sisi Silsilah, Manhaj, Tujuan Thoriqoh, serta Urutan Pemikiran Thoriqoh Al Mu’tabarroh.

Ada dua tahapan : Teoritis Dan  Praktis
Tasawuf Secara umum kata tasawuf kembali pada makna ihsan sesuai dengan hadist yang di sampaikan oleh jibril As yang di tuturkan setelah pernyataan tentang Iman, Islam dan Ihsan dan ihsan inilah yang menjadi makna rujukan dari kata tasawuf itu sendiri.

ada 4 hal yang terkait dengan ini:
  • Ilmu  tashowuf sesungguhnya adalah salah satu ilmu syari’ah
  • Bahwa semua Ilmu syari’at itu mengikuti ilmu tashowuf baik itu sebagai persyaratan atau penyempurna Syari’ah.
  • Sesungguhnya Yang di bahas dalam tashowuf adalah mengikuti Ihsan, disetiap Masalah atau perkara syari’ah dan mengikuti ihsan selamanya mencintainya dan menyesuaikanya dengan syariah dan ini ialah keutamaan dari tasawuf baik secara syari’ah maupun keutamaan dari tasawuf itu sendiri. 
  • Sesungguhnya yang ihsan di ikuti berdasarkan dua wajah yang pertama dari Fudail bin ‘iad Ra yang di nisbatkan kepada firman Alloh SWT “Liyabluwakum ayyukum ahsanu ‘amala”  (almulk ayat2) beliau menafsirkan yang paling iklas dan paling tepat, maka jika seseorang itu ikhlas tetapi tidak tepat maka tidak akan diterima, begitu juga jika tepat tapi tidak ikhlas maka juga tidak akan di terima, sehinga yang paling benar ialah ikhlas dan benar secara syariah._red


selengkapnya tonton vidio :


Previous Post Next Post
close