TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA

Daftar Isi [Tampil]
Toleransi antar umat beragama merupakan hal yang sangat penting untuk selalu kita bina dan kita lestarikan, karena dengan saling bertoleransi antar sesama dalam kehidupan ini akan tercipta kedamaian dan keharmonisan, tanpa adanya rasa permusuhan dan saling mencurigai. 

Bahkan Rasulullah sendiripun telah memberi contoh kepada kita semua. Dimana pada masa hidup Rasulullah toleransi antar umat beragama itu beliau gambarkan dalam hubungan jual-beli dan saling memberi dengan non muslim. Sebagaimana diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab al-Maghazi hadits nomor 4467:

Selain itu Rasulullah juga tidak enggan untuk menerima hadiah apapun dari umat lain (non muslim). Dan dari situlah para ahli fiqih berpendapat bahwa menerima pemberian hadiah dari semua kelompok baik dari kalangan muslim maupun non muslim bahkan mereka yang memerangi umat Islam sekalipun itu diperbolehkan secara syar’i. Dan hal ini diterangkan dalam kitab al-Mughni juz 13, halaman 200, sebagai berikut:

gambar.2 kitab al-Mughni juz 13, halaman 200

Selain itu juga, saling memberikan maaf antar sesama merupakan hal yang sangat penting untuk kita lakukan, karena bagaimanpun juga kita sebagai makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari yang selalu berinteraksi dengan banyak orang, tentu kita pernah melakukan kesalahan dan kekhilafan dan yang pasti kita semua saling membutuh-kan satu sama lain, oleh karena itu memberi maafkepada siapaun saja bahkan terhadap musuh kita yang pernah memerangi kita itu pun perlu berinteraksi dengan banyak orang, tentu kita pernah melakukan kesalahan dan kekhilafan dan yang pasti kita semua saling membutuh-kan satu sama lain, oleh karena itu memberi maaf kepada siapaun saja bahkan terhadap musuh kita yang pernah memerangi kita itupun perlu kita lakukan, sebagaimana teladan yang diberikan  Rasulullah  Saw.

yang telah membebaskan para musuhnya yang telah memerangi beliau hal ini terjadi pada masa pembukaan kota Makkah, dimana beliau telah memaafkan  kaum  quraisy  Makkah  dengan  mengatakan  “Pergilah kalian  semua  dan  kalian  hari  ini  adalah  orang-orang  yang dibebaskan”. Diterangkan dalam Kitab Sirah Nabawiyah, Ibnu Hisyam, cet. Darul Ihya' Turats al -Araby, juz 4 , hal 61 dan dalam kitab Nail al-Author, juz 12, hal. 263
Gambar.3 kitab Nail al-Author, juz 12, hal. 263
Rasulullah Saw. juga selalu menyuruh umatnya untuk terus menyambung tali persaudaraan antar sesama meskipun berbeda agama. Sebagaimana Rasulullah menyuruh Asma' binti Abu Bakar untuk menyambung tali silaturrohmi dengan ibunya yang kebetulan agamanya berbeda dengannya . Hal ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab al-Hibbah Bab al-Hadyah lil Musyrikin hadits nomor 2620, dan dalam Tafsir al-Qurtubi, juz 8, hal. 94 sebagai berikut:
 
Gambar. 4 Tafsir al-Qurtubi, juz 8, hal. 94
 Bahkan Rasulullah Saw. juga pernah mendo'akan non muslim, dan itu sering beliau lakukan diantaranya adalah:

1. Beliau mendo’akan seorang non muslim yang bernama Daus agar mendapatkan hidayah, dan hal ini diterangkan dalam kitab Shahih Muslim  Bab  Fadlailus Shahabah  hadits  nomor  2524,  dan dalam kitab Imam Ahmad, juz 2, hal. 353 sebagai berikut:

Gambar .5 shahih Muslim  Bab  Fadlailus  Shahabah  hadits  nomor  2524

2. Beliau juga mendo'akan ibunya Abu Hurairah yang berbeda agama, dan ini diterangkan dalam Shahih Muslim kitab Fadlailus Shahabah Bab Min Fadlail Abi Hurairah hadits nomor 2491 sebagai berikut:

Gambar.6 Fadlailus Shahabah Bab Min Fadlail Abi Hurairah hadits nomor 2491
3. Beliau juga pernah mendo'akan orang-orang Yahudi yang sedang bersin, dan ini diterangkan dalam Shahih Bukhari Bab Adab hadits nomor 5870, Sunan Abi Dawud, juz 14, bab Adab hadits nomor 5033, dan dalam Imam Ahmad, juz 3, hal. 353 sebagai berikut:
 
Gambar.7 Imam Ahmad, juz 3, hal. 353
Oleh karena itu, berdoa bersama antar umat beragama atau mendo'akan non muslim merupakan sikap yang sangat mulia, dan ini sesuai dengan ketentuan syara' (diperbolehkan) karena hal ini juga mengacu pada teladan yang diberikan oleh Rasulullah.
Toleransi antar umat beragama adalah gambaran bahwa Islam selalu memandang manusia dengan pandangan hormat sesuai harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan. Mendo’akan dimaksudkan untuk memohonkan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar orang yang dido’akan diberikan keselamatan dan kebaikan dalam kehidupannya, karena bagaimanapun setiap manusia menginginkan kehidupannya lebih baik dan lebih tenteram. Bahkan dalam suatu riwayat mengata-kan bahwa Imam Ibnu Abbas pernah berkata:
Gambar.7
Oleh karena itu, dari teladan yang diberikan oleh Rasulullah Saw., kita sebagai umatnya yang selalu mengharapkan keselamatan hidup di dunia dan akhirat, selayaknya harus terus berusaha untuk meniru perilaku-perilaku dan sikap-sikap sosial beliau, karena bagaimanapun Rasulullah adalah teladan bagi kita semua. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat al-Ahzab ayat 21 sebagai berikut:

 
Gambar.8

Sikap toleransi atau istilah jawa menyebutnya dengan sebutan teposeliro yang mempunyai arti tepo (nepakno) seliro (awak), yaitu menempatkan diri pada lingkungan disekitarnya, ini merupakan nilai-nilai ajaran Islam yang begitu mulia, dan sikap seperti ini juga ditunjukkan oleh seorang tokoh dunia yaitu Sayyidina Umar Bin Khattab ra. terhadap Uskup Sophronius di hadapan kaum Nasrani dan kaum muslim di Baitul Maqdis Yerussalem.
Selanjutnya, di depan Gereja Kanisat al -Qiyamah (Gereja Anastasis) Uskup Sophronius menyerahkan kunci kota Yerussalem kepada Kholifah Umar Bin Khattab ra. Kemudian Sayyidina Umar meminta diantarkan ke suatu tempat untuk menunaikan sholat. Dan oleh Uskup Sophronius, beliau diantarkan ke dalam gereja. Akan tetapi, Kholifah Umar menolak penghormatan tersebut sembari mengatakan bahwa dirinya khawatir hal itu akan menjadi suatu dasar bagi kaum muslimingenerasi  berikutnya  untuk  mengubah  gereja-gereja  menjadi  masjid. Akhirnya, Sayyidina Umar melaksanakan sholat (munfaridan) di luar atau di teras gereja tersebut. Hal ini dijelaskan dalam kitab Samahah al-Islam, hal. 34-37 sebagai berikut:

Gambar.9 Samahah al-Islam, hal. 34-37 
Dari kutipan diatas kita bias mengambil kesimpulan bahwa begitu besar sikap toleransi (teposeliro) antar sesama meskipun berbeda agama dan keyakinannya yang diajarkan oleh Islam dan itupun dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad dan khalifah Umar Bin Khattab ra.



Utulah diatas penjelasan tentang pentingnya bertoleransi sntar umat beragama maka dari itu kita sebagai generasi penerus yang terdahulu kita harus bisa lebih menghargai mengrormati serta menjunjung tinggi azas NKRI yang kita aplikasikan dalam bertoleransi di kehidupan setiap hari.

sumber :



Post a Comment

Previous Post Next Post
close