KETERKAITAN ISLAM DAN BHINNEKA TUNGGAL IKA

Daftar Isi [Tampil]
Keterkaitan dalam poin A (ISLAM DAN DASAR NEGARA INDONESIA (PANCASILA))yang di muat dri postingan sebelumnya tidak afdhol apa bila tidak berlanjut ke poin B , insya alloh nanti akan mimin lanjutkan di paragraf bawah.

B. ISLAM DAN BHINNEKA TUNGGAL EKA 

Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetapi satu jua. Secara


mendalam Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna walaupun di Indonesia sebagai negara yang multikultural, di mana terdapat banyak suku, agama, ras, kesenian, adat, bahasa, dan lain sebagainya namun tetap satu kesatuan yaitu sebangsa dan setanah air. Dipersatukan dengan bendera, lagu kebangsaan, mata uang, bahasa dan lain sebagainya.

Namun atas realitas bangsa yang multikultural ini pun, masih ada b beberapa kelompok yang menentang bila Bhinneka Tunggal Ika menjadi prinsip dasar Pancasila sebagai dasar negara republik Indonesia. Sekali lagi mereka menganggap itu tidak Islami.

Padahal keanekaragaman di muka bumi ini merupakan salah satu bukti kekuasaan dan kebesaran Allah SWT, dan itu semua sudah menjadi ketetapannya, serta ada hikmahnya. Dan keanekaragaman itu sudah dijelaskan dalam firman-Nya surat al-Hujurat ayat 13 dan surat al-Baqarah ayat 213 sebagai berikut: 

Nah akhirnya kita sadar dan tau kan bagai mana dan dari mana rujukan jasa dan peranan serta kontribusi ulama untk membangun azas dan pondasi Bumi NKRI tercinta ini.

Sumbr :

Post a Comment

Previous Post Next Post
close