Tampil Gaul Dengan Mewarna Rambut | Bagaimana Itu ?

Daftar Isi [Tampil]

Hukum Menyemir Rambut



Semir rambut adalah zat kimia yang dapat merubah warna rambut dari warna aslinya. Bagaimanakah hukum menggunakan semir rambut tersebut untuk menyemir rambut?

1. Hukum menyemir rambut dengan warna hitam.

  • Tidak boleh menyemir rambut dengan warna hitam, baik laki-laki maupun perempuan , karena hal tersebut ada unsure merubah ciptaan Allah Swt. (Is’ad al-Rofiq, juz II, hal. 119)
uqro
Gambr.1,a dalil Haram

    uqro
    Gambar 1, b. Dalil Haram
  • Makruh Tanzih, sama halnya dengan tidak mensyukuri apa yang telah diberikan oleh Allah Swt. Karena itu lebih baik diterima apa adanya dari pada merubah warna asli rambut yang diberikan Allah kepada kita. (Is’ad al-Rofiq , juz II, hal.119)
uqro
Gambar.2 Dalil Makruh
  • Boleh menyemir rambut dengan warna hitam, bagi istri yangmendapat izin dari suaminya . (Is’ad al-Rofiq, juz II, hal.119)
uqro
Gambr .3 Dalil Boleh

2. Hukum  menyemir  rambut  yang sudah beruban dengan semir warna kuning atau merah (selain hitam)

  • Sunnah menyemir rambut yang sudah beruban dengan semir warna merah atau kuning. (Is’ad al-Rofiq, juz II, hal. 119)
uqro
Gambr .4, a Dalil Sunnah
Dalam Syarah Muslim, Imam Nawawi mengatakan ”Sunnah bagi laki-laki dan perempuan menyemir rambut dengan warna kuning atau merah dan haram menyemir rambut dengan warna hitam menurut pendapat yang lebih shahih.” (Is’ad al-Rofiq, juz II, hal. 119)
uqro
Gambr.4,b Dalil Sunnah
Berikut diatas dalil - dalil yang dapat kita jaadikan pedoman jika ingin melakukan pewarnaan rambut, akan tetapi hemat saya jangan karena kita mengejar style lantas mengabaikan norma-norma agama atau bahkan menerjang sesuatu yang di larang.

sumber:
uqro



Previous Post Next Post
close