KIAI DENGAN SERIBU BAHASA | PERGAULAN Kiai Hamim atau Gus Miek

Daftar Isi [Tampil]

Foto: Gus Miek sedang main gaple

 

Kiai Hamim atau Gus Miek, Beliau adalah seorang Ulama besar yang selalu menyembunyikan diri ketika bergaul dengan orang-orang yang terpinggirkan. Beliau sembunyikan Ke ULAMAannya, ke KIAIannya ketika berkumpul dengan orang-orang dunia malam.

Beliau adalah orang yang selalu tersenyum kepada siapapun lawan bicaranya. Dengan perkataannya yang sejuk dan pandangan matanya yang seakan menembus dada, selau membuat tergetar orang yang dipandangnya.

$ads={1}

Tanpa sekat Beliau bergaul dengan siapa saja. Bergaul dengan para tukang becak, Beliau bicara tentang seputar kehidupan mereka. Berkumpul dengan para penjudi, Beliau ikuti permainan mereka. Berkumpul dengan para pemabuk, Beliau ikut menemani mereka. Kata kata sejuk tanpa hinaan yang pernah menyinggung perasaan siapapun selalu keluar dari lisan Beliau. Hingga banyak diantara mereka yang sadar dan kembali ke jalan yang benar.

 

Suatu ketika Gus Tajud putra sulung Beliau jalan jalan ke kota Surabaya. Disana Beliau menemui beberapa orang yang biasa berkumpul dan bercengkrama dengan Gus Miek, ayah Beliau. Diantaranya para tukang becak, para penjudi dan para pemabuk yang telah tersadarkan karena bergaul dengan Gus Miek. Banyak cerita tentang bagaimana nasehat Gus Miek pada mereka yang mengalir dalam pembicaraan itu.

 

Hingga tibalah Gus Tajud didaerah Pandegiling, Surabaya. Disana Beliau ingat dengan seseorang yang sering berkumpul dengan Gus Miek. Cak Mujib namanya, dia adalah seorang WARIA yang akhirnya sadar dan bertobat setelah mengenal dan mendapat pencerahan dari Gus Miek.

Ketika bertemu dengan Cak Mujib dan berbincang bincang, muncul pertanyaan Gus Tajud pada Cak Mujib

 

"Cak, sampean kok iso sadar, tobat teko kebiasaan sampean opo iku kerono dikongkon (disuruh) Yai Miek?" tanya Gus Tajud pada Cak Mujib.

"ora Gus, aku tobat iku dudu dikongkon Gus Miek. Tapi kerono kata kata nasehat Gus Miek" jawab Cak Mujib.

$ads={2}

Disarikan dari dhawuh dhawuh Gus Tajud di MAJELIS JANTIKO MANTAB SABTU PON SIDOARJO

Di alih bahasakan oleh Imzi Studio alert-info 

Post a Comment

Previous Post Next Post
close