Syeikh Ihsan Jampes (lahir pada tahun 1901 di Kampung Jampes, Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Daftar Isi [Tampil]

Terkenal dengan sebutan Syeikh Ihsan Jampes (lahir pada tahun 1901 di Kampung Jampes, Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Syeikh Ihsan memiliki nama kecil Bakri. Ayahnya, Kiai Muhammad Dahlan, merupakan pendiri Pondok Pesantren Jampes yang kini berganti nama menjadi Pondok Pesantren Al-Ihsan. Ibunya bernama Nyai Artimah, putri Kiai Ahmad Shaleh, Banjar Melati, Kediri, yang juga mertua dari Kiai Ma'ruf pendiri Pondok Pesantren Kedunglo dan K.H. Abdul Karim (Kiai Manaf) adalah pendiri Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri. Di samping itu, ia juga terkenal melalui karyanya Siraj ath-Thalibin, yang merupakan penjelasan (syarah) dari kitab Minhaj al-Abidin karya Imam al-Ghazali. Selain dikenal sebagai ulama sufi, ia juga dikenal ulama ahli dalam bidang ilmu-ilmu seperti falak (astronomi), fikih, hadits, dan beberapa bidang ilmu agama lainnya.


Di antara beberapa Pesantren yang pernah Syeikh Ihsan singgahi untuk belajar yakni:
1. Pondok Pesantren Bendo, Pare, Kediri asuhan K.H. Khozin (Paman Syeikh Ihsan)
2. Pondok Pesantren Jamseran, Solo
3. Pondok Pesantren asuhan K.H. Dahlan, Semarang
4. Pondok Pesantren Mangkang, Semarang
5. Pondok Pesantren Punduh, Magelang asuhan K.H. Ma'shum
6. Pondok Pesantren Gondang Legi, Nganjuk
7. Pondok Pesantren Bangkalan, Madura, di bawah bimbingan K.H. Kholil al-Bangkalani
Pada tahun 1926, Syeikh Ihsan pergi ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji, dan semenjak itu nama kecilnya, Bakri diubah menjadi Haji Ihsan.



Meninggal 16 September 1952 pada umur 51 tahun. beliau adalah ulama besar asal Kediri yang berpengaruh dalam penyebaran ajaran Islam di wilayah nusantara pada abad ke-20.




Post a Comment

Previous Post Next Post
close