Mahameru lumjang 902 orang dievakuasi, 13 orang telah tewas, sementara 98 lainnya luka-luka

Daftar Isi [Tampil]
Sumber-sumber pemerintah melaporkan aktivitas vulkanik strombolian eksplosif di Gunung Semeru, sebuah stratovolcano lokal yang disebut sebagai Mahameru, dengan ejecta balistik dan abu yang berasal dari puncaknya. Pada hari Sabtu, tanggal 4 Desember, Pusat Penasihat Abu Vulkanik Darwin (Darwin Volcanic Ash Advisory Center/VAAC) mencatat gumpalan abu yang berasal dari puncak naik setidaknya hingga 50.000 kaki (15,2 kilometer/9,4 mil) pada tingkat penerbangan 500.

Partikulat naik di atas 33.000 kaki (10 km/6,2 mil) dan dapat berlama-lama di atmosfer untuk beberapa saat, mengakibatkan jatuhnya abu jangka panjang di daerah sekitarnya. Pembaruan menyatakan bahwa evakuasi telah dijeda karena awan panas, tidak jelas berapa lama penjedaan ini akan berlangsung. 13 orang telah tewas, sementara 98 lainnya luka-luka setelah letusan gunung berapi. 35 dirawat di rumah sakit, dan 41 menderita luka bakar. 

Selain itu, puluhan orang hilang. 902 orang dievakuasi, yang mungkin termasuk sepuluh penambang yang diselamatkan. Pihak berwenang mendirikan tenda-tenda pengungsian. Seperti dilaporkan sebelumnya, intelijen lokal mengamati penduduk setempat mengungsi, sementara hujan abu lebat mempengaruhi lalu lintas, infrastruktur lokal, dan di beberapa daerah menghalangi sinar matahari sepenuhnya. Aliran piroklastik dan lahar biasanya jatuh di sebelah tenggara puncak menuju garis pantai yang berisiko merusak kawasan penduduk setempat. 

Hujan abu sangat deras terindikasi di Lumajang. Jembatan Silver Gladak di Lumajang telah hancur dalam letusan, bersama dengan laporan atap runtuh di daerah penduduk karena hujan abu lebat. Asap yang mengandung gas beracun telah diamati keluar dari gunung berapi itu. Meskipun saat ini tidak ada peringatan publik mengenai tingkat gas beracun, tingkat sulfur dioksida menengah hingga tinggi telah dicatat di daerah sekitar Gunung Semeru dan daerah timur puncak. Sulfur dioksida (SO2) adalah polutan udara reaktif yang tidak berwarna dengan bau yang menyengat.

Paparan gas dalam waktu lama dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada sistem pernapasan, menyebabkan kesulitan bernapas dan dalam beberapa kasus, kematian. Pusat Penasihat Abu Vulkanik Darwin (VAAC) telah menyatakan kode warna penerbangan 'Merah'. Kode warna penerbangan 'Merah' menunjukkan bahwa letusan akan segera terjadi dengan emisi abu vulkanik yang signifikan ke atmosfer atau letusan sedang berlangsung dengan emisi abu vulkanik yang signifikan ke atmosfer. Sekitar 2.686 orang tinggal dalam jarak 5 kilometer (3,1 mil) dari puncak tersebut, dengan 8.375 orang tinggal dalam jarak 10 kilometer (6,2 mil).




Zona eksklusi sepanjang 5 kilometer (3,1 mil) ditetapkan, yang membentang ke tenggara dari puncak, karena risiko aliran piroklastik dan hujan abu. Angin di daerah tersebut bertiup dari barat dengan kecepatan 24 kilometer (15 mil) per jam. Wilayah ini terutama memiliki angin barat laut yang bertiup selama periode Desember-Maret.
Diupdate 5 Desember 2021 pada 05.14.
Info dari NC4, agen pelaporan krisis global independen. Terjemahan dilakukan oleh perusahaan jasa penerjemahan 

Post a Comment

Previous Post Next Post
close