Sirkuit Mandalika Lombok Championship 2021 Seri ke-13

Daftar Isi [Tampil]



12 Hari Jelang WSBK Mandalika 2021 

World Superbike Championship 2021 Seri ke-13 akan berlangsung di Mandalika. Merujuk jadwal, balapan akan tersaji di Sirkuit Mandalika, Lombok pada 9-21 November 2021 .

Lokasi trek berada persis di samping laut, mirip Sirkuit Phillip Island, Australia. Karakter Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 km ini, meskipun terdapat 17 tikungan mandalika termasuk jenis sirkuit cepat sejenis/sekarakter dengan Hockenheim-Jerman, Suzuka-Jepang dan Silverstone-Inggris - 3 Sirkuit Cepat Terbaik di dunia.

Karena memiliki karakter sirkuit cepat maka teknik pengereman yang tepat dari para pembalap akan menjadi salah satu keunggulan utama dibanding pembalap lain. Dari 17 tikungan diperkirakan hanya ada maksimal 4 pengereman khususnya pada sektor 3 dan sektor 4. Pengereman menjadi keunggulan karena dalam lintasan lurus, semua kendaraan diperkirakan memilki kualitas dan kecepatan yang hampir sama.

Kedua, selain teknik pengereman tentu pembalap membutuhkan kejelian dalam mengatasi kecepatan angin baik sidewind maupun crosswind saat lintasan kering. Juga kemampuan mengatasi tikungan saat kondisi lintasan basah. Sampai hari ini cuaca di lombok secara umum cenderung mendung ke hujan. Sehingga diperkirakan pabrikan akan membawa roda intermediate/medium dan basah/wet.

Ketiga, dibutuhkan kejelian bagi analys dari masing-masing tim pabrikan dalam menganalisa karakter maupun tingkat kekerasan aspal yang dipergunakan di mandalika. Analys berperan penting dalam memberikan informasi dan strategi khusus bagi para pembalap.


Keempat, modifikasi mesin, Di World Superbike (WorldSBK) mesin yang digunakan adalah mesin umum yang diproduksi massal oleh setiap pabrikan. Akan tetapi akan memiliki konfigurasi mesin yang banyak mengalami perubahan yang disesuaikan dengan aturan. Yang paling banyak mengalami perubahan tentu adalah terkait bobot kendaraan secara keseluruhan. Umumnya mesin dengan kapasitas sebesar Superbike tentu membutuhkan bobot 190 kg sampai 215 kg, tapi aturan world superbike hanya boleh maksimal 165 kg. Sehingga akan banyak fairing yang terbuang dari sepeda motor sport umumnya.


Kelima, adalah modifikasi rangka sepeda motor, dengan mandalika yang cepat maka rangka motor akan dibuat serendah mungkin dengan harapan grip roda dan grip pembalap akan bisa optimal pada trek lurus.

Meskipun superbike menggunakan mesin produksi massal tapi tontonan akan tetap menarik dengan masing-masing tim pabrikan akan memaksimalkan potensinya demi mencapai rekor lap tercepat, mengingat mandalika pertamakali dipergunakan untuk superbike. Kita juga akan menyaksikan balap motor dengan kekuatan daya dorong 200 sampai 220 horse power.

Mandalika diprediksi juga akan menjadi nominator salah satu sirkuit terindah di dunia, mengingat lokasi yang dipinggir laut. Selamat menyaksikan buat semuanya. Selamat untuk Indonesia yang berhasil masuk dalam kalender World Superbike 2021.


Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengumumkan penjualan tiket harian event WSBK 2021 yang belum termasuk pajak.

Tiket harian dijual mulai harga Rp150.000-300.000 untuk event 19 November, lalu Rp300.000-800.000 untuk 20 November, dan Rp 500.000-1.500.000 untuk 21 November 2021.

Untuk West Grand Stand berdekatan dengan tikungan ke-15 seharga Rp1.395.000, Main Grandstand di dekat tikungan satu dan tikungan ke-16 seharga Rp1.850.000 hingga 2.350.000.

Post a Comment

Previous Post Next Post
close