HARI RAYA 2019 MENURUT PENDAPAT AL- Madzahibul Arba'ah

Daftar Isi [Tampil]
Surat ikhtibar Pengurus Besar Nahdlotul ulama
Surat ikhtibar Pengurus Besar Nahdlotul ulama


Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada 5 Juni 2019. Penetapan ini dilakukan setelah Kemenag menggelar sidang isbat, Senin (3/6/2019) malam, di Kementerian Agama, Jakarta. Sidang isbat dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Lukman menyebutkan, dari pantauan hilal yang dilakukan, tidak ada satu pun yang berhasil melihat hilal. "Ketika hal itu terjadi, maka bulan Ramadhan tahun ini digenapkan jadi 30 hari. Itu artinya besok hari Selasa kita masih puasa karena besok masih Ramadhan. Dengan demikian, 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019. Itulah hasil sidang isbat kali ini," ujar Lukman dalam konferensi pers, seusai sidang isbat.

Penetapan ini dibuat berdasarkan dua hal yaitu penghitungan hisab dan metode rukyat. Proses penetapan ini dimulai setelah ibadah shalat Magrib. Masing-masing perwakilan Kemenag yang tersebar di 105 titik melaporkan hasil hisab dan pantauan rukyatul hilal di titik masing-masing. Adapun, sidang isbat ini digelar dengan melibatkan unsur Kementerian Agama, DPR, MUI, ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1440 H Jatuh pada 5 Juni 2019", 
Penulis : Jessi Carina
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary


Dari Pengurus Besar Nahdlotul ulama Memberikan Ikhtibar/ pemberitahuan hasil rukyatul Hilal Bilfi'li Awal Syawal 1440 H Yang Ikhtibar tersebut di tujikan kepada Pengurus Wilayah Nahdlatul Uslama se Indonesia Dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama se- Indonesia Menyatakan Bahwa :

Dalam Rangka penentuan awal bulan Syawal 1440 H, Tim rukyatu Hilal Pengurus Besar Nahdlotul Ulama/ Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlotul Ulama Pada Hari senin tanggal 3 juni 2019M / 29 Sya'ban 1440H telah melakukan rukyatul hilal bil fi'li di beberapa lokasi rukyah yang telah di tentukan Dan tidak Berhasil Melihat Hilal . Dengan demikian Umur bulan Romadlon 1440 H adalah 30 Hari (Istikmal).

Atas dasar Istikmal Tersebut dan sesuai dengan pendapat AL- Madzahibul Arba'ah, maka dengan ini Pengurus Besar Nahdlotul ulama MeIkhtibarkan/ Memberitahukan Bahwa:

AWAL BULAN SYAWWAL 1440 H
JATUH PADA HARI RABU TANGGAL 5 JUNI 2019 M.
Kepada Warga nahdlotul ulama dan Umat Islam pada umumnya, agar menyempurnakan ibadah puasa 30 hari dan berhari raya pada tanggal 5 juni 2019. kami sampaikan Selamat Merayakan Idul fitri Syawal 1440 H, dengan penuh suka cita. Mohon maaf Lahir Dan Batin.
Previous Post Next Post
close